Logika (Bahasa indonesia MU116D)

LOGIKA
Menurut THE LIANG GIE , logika dapat digolongkan menjadi 5 yaitu :
~Logika dalam Pengertian Luas dan Sempit
Dalam arti sempit logika dipakai searti dengan logika deduktif atau logika formal. Sedangkan dalam arti luas, pemakaiannya mencakup kesimpulan-kesimpulan dari berbagai bukti dan tentang bagaimana sistem penjelasan disusun dalam ilmu alam serta meliputi pula pembahasan mengenai logika itu sendiri.
~Logika Deduktif dan Logika Induktif
Logika Deduktif mempelajari asas-asas penalaran yang bersifat deduktif, yakni suatu penalaran yang menurunkan suatu kesimpulan sebagai kemestian dari pangkal pikirnya sehingga bersifat betul menurut bentuknya saja.
Sedangkan Logika Induktif mempelajari asas-asas penalaran yang betul dari sejumlah hal khusus sempai pada kesimpulan umum yang bersifat boleh jadi (probability).
~Logika Murni dan Logika Terapan
Logika Murni merupakan pengetahuan mengenai asas dan aturan logika yang berlaku umum pada semua segi dan bagian dari pernyataan-pernyataan dengan tanpa mempersoalkan arti khusus dalam sesuatu cabang ilmu dari istilah pernyataan yang dimaksud.
Logika Terapan adalah pengetahuan logika yang diterapkan dalam setiap cabang ilmu, bidang-bidang filsafat, dan juga dalam pembicaraan yang menggunakan bahasa sehari-hari.
~Logika Formal dan Logika Material
Logika Formal atau disebut pun Logika Minor mempelajari asas, aturan atau hukum-hukum berfikir yang mesti ditaati, supaya orang bisa berfikir dengan benar dan menjangkau kebenaran.
Sedangkan Logika Material atau Mayor mempelajari langsung kegiatan akal serta menilai hasil-hasil logika formal dan mengujinya dengan fakta praktis yang sesungguhnya, mempelajari sumber-sumber dan asalnya pengetahuan, alat-alat pengetahuan, proses terjadinya pengetahuan, dan kesudahannya merumuskan cara ilmu pengetahuan itu.
~Logika Filsafati dan Logika Matematik
Logika Filsafati merupakan ragam logika yang punya hubungan erat dengan pembahasan dalam bidang filsafat, seperti logika kewajiban dengan etika atau logika arti dengan metafisika. Sedangkan logika Matematik adalah ragam logika yang punya hubungan erat dengan pembahasan dalam bidang Matematika.

Komentar

Postingan Populer